Cara Mengecat Velg Motor Yamaha Aerox 155 VVA Pakai Cat Samurai

Mengecat Velg Yamaha Aerox 155 VVA

BeritaMotor.Net – Cara Mengecat Velg Motor Yamaha Aerox 155 VVA. Bro sekalian,salah satu modifikasi motor yang simpel dan minimalis namun terlihat beda adalah dengan mengecat velg motor. Yup,mengecat velg motor selain biayanya murah bisa juga loh dilakukan sendiri seperti yang dilakukan oleh Hapsara Soma Adhi Sasangka. Doi memberikan tutorial bagaimana caranya mengecat velg Yamaha Aerox 155 VVA sebagai tungangan doi sehari hari. Berikut sharing doi yang kami ambil dari grup Yamaha Aerox 155 Indonesia.

Hanya mau share saja, kalau anda mau merubah penampilan dengan cara merubah warna velg sesuai dengan keinginan anda, hanya dengan modal sekitar 150 ribu saja kurang lebih serta mau repot sedikit bongkar-bongkar, anda akan mendapatkan penampilan aerox yang baru. Nggak perlulah ke bengkel.

Ban dan Alat Yang dibutuhkan

  • Botol Samurai Paint Epoxy (Untuk cat dasar) Rp. 33.000
  • 2 Botol Samurai Paint White (Pilihan warna saya) Rp. 33.000
  • 1 Botol Samurai Paint Clear (Untuk finishing biar mengkilap) Rp. 33.000
  • 1 Kaleng Paint Remover dan kuas (Untuk menyingkirkan cat dasar, Bisa didapat di toko bangunan) Rp. 52.000
  • Kunci-kunci untuk membongkar ban dan memasangnya kembali.

Cara Mengecat Velg Motor Yamaha Aerox 155 VVA

Pertama silahkan anda bongkar ban depan dan belakang. Silahkan difoto dahulu, supaya nanti nggak lupa. Untuk ban depan copot plat cakram dan plat sensor speedometer (Pernah lihat ada yang dicat juga sih plat plat sensornya).

Cara Melepas ban belakang

  • Copot casing radiator.
  • Copot Knalpot, 3 baut di swing arm, 2 baut di pangkalnya (di kolong) Di pangkal knalpot ada ring tembaga, jangan lupa ya itu nanti dipasang lagi.
  • Copot swing armnya, ada 2 baut deket radiator.
  • Copot bannya, itu pake kunci 24mm, gede lhoo.
  • Tarik bannya sampe keluar. Setelah keluar itu ada karet seal, jangan lupa posisinya, difoto kalau perlu. Kalau sampai salah posisinya, ntar seret bannya.

Siapkan paint Remover dan oleskan ke seluruh penjuru velg (Hati-hati cairan keras, kena tangan langsung panas), kena karet ban atau karet pentil nggak masalah koq. Diamkan beberapa lama sampai mengelotok, lalu siram pakai air (Jangan pakai susu) sambil disikat, kalau ada cat yang masih membandel, ulangi lagi di area catnya, jangan semuanya… Kelamaan. Pokoknya sampai ga ada lagi cat sisa.
Setelah bersih semua, cuci pakai sabun sampai bersih, lalu keringkan untuk persiapan pengecatan.

Cover atau lindungi bagian yang tidak di cat, seperti karet ban, pentil, lubang, karet seal di lubang dengan menggunakan isolasi. Lindungi juga sela antara velg dengan ban, cara mudahnya beli aja 1-2 pak kartu remi untuk diselipkan. kalau saya sih pakai isolasi aja.

Setelah dipastikan kering, dimulailah tahap yang paling penting dan krusial (halaah), yaitu pengecatan.
Untuk hasil yang optimal seperti saya, ada 3 tahap, dasar, warna, dan finishing. Nyemprotnya nggak usah buru2, lapis demi lapis aja. Selapis tipis, nunggu kering, lapis lagi, nunggu kering, lapis lagi, terus sampai abis. Kalau saya sih nunggu kering tergantung matahari, kalau ada ya paling 5-10 menit, kalau di tempat teduh ya 20-30 menit.
Saat pengeringan kalau bisa jangan di tempat yang banyak debunya, bisa nempel.

Cat dasar fungsinya sebagai dasar (ya iyalah) untuk cat warnanya, supaya lebih nempel gitu, kalau ada yang mau nambahin atau koreksi silahkan. Cat warnanya buat ngewarnain (Anak SD juga tahu… -_-‘) Cat clearnya buat mengkilapkan serta melindungi. Kalau pengen yang doff, skip step te&rakhir ini.

Setelah kelar semua, diamkan semalaman agar adonan menyatu. Kalau saya sih langsung pasang aja kalau keliatan udah kering. Takutnya sih pada saat pemasangan kepentok2 gitu, apalagi punya saya warnanya putih, keliatan banget.

Setelah selesai semua, bereskan semua alat2nya, jangan sampai ada yang tercecer (Emak atau istri bisa ngomel), terutama jangan ada baut yang tersisa belum kepasang, itu lebih gawat lagi.

Puas dengan hasilnya, karena pakai keringat sendiri dengan modal yang pas buat tanggal tua, motor jadi makin kece, makin dilirik (walaupun empunya jarang dilirik).

Gitu aja, Thanks buat yang udah baca post yang panjang ini

NB: Jangan tabrak tiang listrik!

Nah,seperti itulah cara mengecat velg Yamaha Aerox 155 VVA.mudah bukan? silahkan dipraktekan sendiri 😀

Tulisan Ini ditulis oleh : Hapsara Soma Adhi Sasangka

3 Komentar

  1. Kang untuk velg belakang (tengahnya saja) lama kelamaan catnya brubah warna (gosong) karna panas dr gesekan kampas rem ga ? Soalnya velg belakang saya gitu, brubah warna jadi gelap warnanya karna panas dr rem

  2. Kemarin ini lepas ban belakang lupa foto & posisi sealnya karen di lepas sama tukang. Ada petunjuknya ga? Soalny bakal masang sendiri nanti

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*