Arti Warna Sekring Motor dan Jenis Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Kenali Arti Warna Warni Sekring Motor
Kenali Arti Warna Sekring Motor

BeritaMotor.Net – Pengertian sekring (Fuse) adalah komponen yang berfungsi untuk memutuskan arus listrik ketika terjadi hubungan singkat (Konslet) atau beban arus yang diterima melebihi dari standartnya sehingga arus listrik tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Nah, dalam pikiran pemirsa pasti bertanya tanya,”kenapa sih sekring motor berwarna warni seperti pelangi” ? Ada warna merah,kuning,hijau dan biru.

Itu cuma dilagu pelangi loh,kalau warna sekring lebih dari itu. Sekring motor sedikitnya terdapat 7 warna yang mempunyai arti khusus,yakni Merah,Kuning,Coklat,Coklat kekuningan (Orange),Hijau,Biru dan Putih.

Warna sekring memang berwarna warni pun berbeda beda lantaran dimaksudkan untuk membedakan besaran/Kapasitas Sekering dengan satuan ampere (A) yang ada didalam sekring tersebut.

(Baca Juga : Perbedaan Knalpot Racing Slip On dan Full System Pada Motor)

Menghafal sekring sudah menjadi keharusan bagi seorang mekanik motor dalam menangani kasus kelistrikan motor. Misal nih ketika sekring (fuse) pada aki putus,kita tinggal mengganti sesuai warna standart dari pabrikan saja pemirsa,biasanya sih 10A. Coba kalau tidak tahu…bisa bisa dikasih yang mempunyai ampere lebih kecil atau bahkan yang lebih besar.

Arti Warna Sekring Motor

Ouh iya,sebenarnya warna warni sekring tersebut bukan hanya untuk motor saja pemirsa ,tapi berlaku juga untuk kendaraan lainnya seperti mobil,bus dan truk. Dimensi sekring juga # bervariasi ada yang besar dan ada juga yang kecil membuatnya terlihat imut hehe 😀 Ok,mari kita kenali arti warna warni sekring motor dari yang terbesar hingga terkecil.

  • Hijau = 30 A
  • Putih (transparan/berwarna bening) = 25 A
  • Kuning = 20 A
  • Biru = 15 A
  • Merah = 10 A
  • Coklat = 7,5 A
  • Coklat Kekuningan (Orange) = 5 A 

Note : (A) merupakan satuan Ampere

Jenis-Jenis Sekring Motor

Pada umumnya sekring motor terbagi atas 2 jenis yakni sekring tabung (Cartride) dan sekring Blade yang bentuknya gepeng. Nah,fuse aka sekring blade tadi rupanya ada yang bentuknya besar dan kecil seperti yang banyak kita jumpai pada motor-motor jaman sekarang.

Fuse Cartride (Tabung) dan Fuse Blade (Gepeng)
Fuse Blade dilihat bentuknya ada yang kecil dan besar pemirsa

Last,itulah artikel ringan kali ini mengenai arti warna sekring khususnya di motor,ya setidaknya kita enggak bego bego amat mengenai warna sekring pemirsa. Nah,sekarang sudah paham kan pemirsa? Dengan begitu kala sekring kita putus kita tidak lagi sembarangan jajan sekring,pastikan warna sekring harus sesuai dengan yang dibutuhkan ya jangan asal beli aja,takutnya nanti kenapa napa di kemudian hari. Terima kasih pemirsa sudah baca dan share artikel ini ke teman teman. Semoga berguna. (Mas Muslim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*